Minggu, Februari 21, 2021
More
    Beranda Exercise Bahaya Kurang Fokus, 10 Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi

    Bahaya Kurang Fokus, 10 Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi

    Terlalu lama di rumah jadi sering halu? Coba melakukan beberapa olahraga berikut ini

    -

    Olahraga memiliki segudang manfaat kesehatan bagi manusia. Seperti 10 olahraga untuk meningkatkan konsentrasi yang akan di bahas berikut ini.

    Salah satu manfaat berolahraga adalah dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Agar lebih sukses di sekolah atau di tempat kerja, olahraga adalah sarana yang tepat untuk meningkatkan kemampuan sobat untuk berkonsentrasi.

    Apa pun kegiatan olahraga yang dilakukan, itu dapat membantu sobat untuk menyegarkan pikiran dan melepaskan ketegangan otot dan saraf sobat.

    Di tengah keadaan pandemik seperti ini, banyak orang cenderung merasa bosan dan jenuh akibat terlalu lama berdiam diri di rumah. Hal ini dapat berdampak buruk pada produktivitas dan konsentrasi sobat.

    Tapi tidak perlu khawatir, sebenarnya ada banyak kegiatan, seperti olahraga untuk meningkatkan konsentrasi.

    Penyebab Sulit Konsentrasi

    Bahaya Kurang Fokus, 10 Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi
    Image by Lukas Bieri from Pixabay

    Kurang tidur

    Manusia berbeda dengan mesin yang tidak butuh istirahat. Istirahat bagi manusia adalah salah satu cara bertahan hidup, salah satunya adalah Tidur.

    Kurang tidur dapat berdampak serius pada aktivitas dan pekerjaan akan dilakukan. Hal ini dapat mengganggu fokus dan konsentrasi, kewaspadaan dan problem solving (pemecahan masalah).

    Mengerjakan banyak tugas sekaligus (multitasking)

    Menurut para ahli, multitasking atau melakukan beberapa tugas pada saat bersamaan, dapat membagi konsentrasi.

    Ada banyak orang yang beranggapan bahwa multitasking dapat menyelesaikan tugas lebih banyak dalam waktu yang bersamaan sehingga lebih efisien dan menghemat waktu.

    Namun, kenyataanya hal itu justru akan membagi fokus dan konsentrasi sobat, bahkan dapat berakhir memakan waktu lebih banyak dibanding menyelesaikan tugas satu per satu.

    Memikirkan banyak hal

    Sering kali seseorang memikirkan banyak hal sekaligus. Hal ini sama seperti multitasking karena konsentrasi atau fokus kita akan terbagi pada banyak hal.

    Contohnya masalah keluarga, masalah keuangan, perbincangan dengan atasan yang tidak menyenangkan, dan deadline yang haru dikerjakan.

    Banyaknya hal yang ada dipikiran secara bersamaan bisa membuat konsentrasi seseorang menjadi terbagi pada pekerjaan yang seharusnya diselesaikan lebih dahulu.

    Sibuk dengan gadget (smartphone)

    Gadget atau smartphone memang dapat membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, jangan gunakan gadget secara berlebihan apalagi sampai kecanduan karena bisa berdampak negatif.

    Saat ini, internet dan gadget sudah seperti bagian penting dalam kehidupan. Kita perlu internet dan gadget untuk bekerja, belajar atau mendapatkan hiburan.

    BACA JUGA:  5 Jenis Olahraga Cardio Terbaik

    Tapi ternyata, hal ini lah yang justru membuat gadget menjadi salah satu pengalih konsentrasi yang sering terjadi.

    Tidak sedikit orang yang ketinggalan bus, kereta atau pesawat karena terlalu banyak mengamati gadget.

    Bahkan ada juga yang sampai lupa waktu ketika sudah berurusan dengan gadget kesayangan, atau sampai tidak mendengar kita dipanggil oleh atasan.

    Tugas yang membosankan

    Tugas yang itu-itu saja, atau tugas yang cenderung sama berungkali dapat berpotensi membuat tingkat kewaspadaan kita berkurang karena kita menjadi terbiasa terhadap tugas tersebut dan menjadi kurang fokus.

    BACA JUGA:  Anti Mager, 10 Kebiasaan Baik Setelah Bangun Tidur

    Ketika sobat bosan dengan tugas yang dikerjakan, cobalah untuk mengambil istirahat dan melakukan kegiatan lain yang dapat menghilangkan perasaan bosan sobat.

    Contohnya, membuat minuman (teh atau kopi), mengonsumsi makanan ringan (snack), atau berbincang dengan teman kantor.

    10 Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi

    Bahaya Kurang Fokus, 10 Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi
    Photo by Li Sun from Pexels

    1. Yoga

    Bukan kebetulan yoga menjadi daftar teratas pada daftar olahraga untuk meningkatkan konsentrasi sobat secara maksimal.

    Tidak hanya membantu pembentukan otot, fleksibilitas, kekuatan dll, yoga juga melatih otak atau pikiran. Yoga membantu sobat menjernihkan pikiran, fokus menjadi lebih baik, dan mengganggu aliran pikiran yang terus-menerus.

    Seiring waktu, berlatih yoga akan memiliki lebih dari efek menguntungkan pada konsentrasi harian Anda. Hal ini membuat yoga menjadi olahraga untuk meningkatkan konsentrasi.

    2. Tenis

    Menurut atlet tenis terkenal Andre Agassi “tenis adalah neraka mental yang nyata, dan salah satu olahraga paling sulit bagi otak Anda”.

    Selain harus menggagalkan rencana taktis lawan, sobat juga harus berhadapan dengan mood, perasaan, pikiran, dan tingkat frustrasi sobat. Ini membuatnya menjadi olahraga untuk meningkatkan konsentrasi.

    ‍3. Golf

    Selain membentuk tubuh menjadi bagus, bermain golf dapat mengembangkan kemampuan sobat untuk berkonsentrasi. Proses untuk memukul agar mengenai bola, mengukur jarak bola ke lubang hingga memasukkan bola ke dalam lubang membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi.

    4. Darts

    Karena sulit bagi otak untuk menempatkan bola tepat pada lubangnya, membidik selurus mungkin ke target yang ditempatkan beberapa meter di depan akan menuntut konsentrasi yang sangat tinggi.

    ‍5. Panahan

    Olahraga yang terbilang cukup kuno ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama melatih konsentrasi, fokus, dan daya pikir.

    Olahraga panahan di perkirakan sudah ada sejak 5000 tahun Sebelum Masehi. Sama seperti darts, kita dituntut untuk mengenai terget pada jarak tentu. Untuk itu, kita perlu sangat berkonsentrasi ketika melakukan bidikan.

    BACA JUGA:  5 Manfaat Olahraga Malam, Atasi Berbagai Masalah Kesehatan

    Hal inilah yang membuat panahan menjadi olahraga untuk meningkatkan konsentrasi.

    6. Menari

    Selain menuntut kebugaran yang prima, tarian akan sepenuhnya memanfaatkan semua keterampilan yang sobat miliki, dan tentu saja konsentrasi yang sangat tinggi, terutama ketika sedang menjaga koreografi dan menyesuaikan dengan beat atau dentuman musik.

    7. Bermain game (e-sport)

    Jangan salah, bermain game PC atau konsol ternyata sudah termasuk olahraga yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya pikir. Dengan cara dan waktu yang tepat, game dapat bermanfaat bagi kesehatan otak.

    Menurut studi dan penelitian, memainkan game dapat menjaga agar konsentrasi dan daya pikir kita terjaga dengan baik.

    Namun, hal ini tidak bisa dipukul rata dengan kondisi masing-masing orang. Bermain game secara berlebihan justru akan berdampak negatif bagi kesehatan, terutama mental.

    8. Bermain kartu (bridge)

    Bridge adalah salah satu olahraga permainan kartu yang dapat melatih otak dan konsentrasi kita. Pasalnya, ada beberapa strategi, taktik dan perhitungan yang matang supaya kita dapat memenangkan permainan ini.

    Jika sobat suka dengan olahraga yang murni mengasah konsentrasi dan daya pikir sobat, bridge adalah salah satu olahraga yang mungkin dapat sobat pilih.

    9. Catur

    Catur terkenal sebagai olahraga yang sering dilakukan oleh atlet-atlet yang cerdas. Catur memang membutuhkan konsentrasi, daya pikir, dan juga strategi yang matang untuk dapat memainkannya dengan benar. Hal ini membuat catur menjadi olahraga untuk meningkatkan konsentrasi

    BACA JUGA:  Lakukan Olahraga ini Agar Paru-paru Menjadi Sehat dan Terhindar Corona

    Jika kamu adalah orang yang dapat duduk diam dengan sabar selama berjam-jam, mungkin catur cocok menjadi olahraga yang dapat kamu mainkan. Oh ya, kamu tidak harus memainkan catur dengan orang lain, kok. Karena kamu juga bisa memainkan catur yang sama rumitnya melalui game PC, konsol, atau bahkan di hp kamu.

    10. Bersepeda

    Belakangan ini bersepeda menjadi sangat populer. Olahraga ini adalah olahraga yang paling umum dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

    Selain menyehatkan secara fisik, ternyata bersepeda secara rutin dapat menjaga agar otak kita juga tetap bugar. Laman Bike Radar menulis bahwa bersepeda secara rutin dapat menjaga kesehatan otak dan mental.


    Penutup

    Semua jenis olahraga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, sehingga ada baiknya untuk tetap melakukan olahraga walau sedang di rumah aja.

    Olahraga untuk meningkatkan konsentrasi ini juga baik untuk sobat yang sudah mulai merasa jenuh berdiam diri saja di rumah karena pandemik.

    Bahaya Kurang Fokus, 10 Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi
    Arihttp://virusehat.com
    Seorang pengangguran yang mencoba berguna dengan menularkan cara bagaimana melakukan gaya hidup sehat. Serta menyadarkan pembaca bahwa sehat itu mudah.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    Bahaya Kurang Fokus, 10 Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi