Kamis, Mei 13, 2021
More
    BerandaFood n' Drink5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari

    5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari

    Perhatikan makanan yang sobat konsumsi sebelum tidur

    -

    Pernah gak sih kalian ngerasa laper ato pengen makan sesuatu sebelum tidur? Banyak sebenernya makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur, tapi karena siangnya kita kurang makan ato kualitas makanan yang dikonsumsi kurang bernutrisi jadinya masih laper deh.

    Tapi, pernah kepikir gak kalo yang kalian makan sebelum tidur itu berpengaruh buat badan kalian? Jangan kira kalo semua makanan yang kalian konsumsi sebelum tidur gak bakalan ngefek apa-apa ya, karena pastinya ada efeknya.

    Nah supaya kalian gak salah makan sebelum tidur, di sini kita bakal ngebahas beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum tidur dan beberapa yang harus dihindari sebelum tidur. Simak terus ya sobat sehat!

    Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

    1. Pisang

    makanan yang baik untuk dikonsumsi pisang

    Pisang sebenernya dianggep sebagai makanan penambah energi terutama sebelum olahraga. Gak salah sih karena memang pisang termasuk karbohidrat kompleks yang bagus untuk dijadikan pre-workout meal.

    Tapi, pisang juga punya zat bernama Magnesium yang sangat bagus untuk tubuh. Magnesium membantu untuk relaksasi otot yang udah dipake buat kegiatan sehari penuh. Pisang juga mengandung serotonin dan melatonin yang bisa membantu kalian lebih cepet tidur.

    2. Almonds

    makanan yang baik untuk dikonsumsi almond

    Makanan sejenis kacang-kacangan ini jangan dikira cuman cocok dimakan bareng coklat aja loh gaes, Almonds seperti kacang-kacangan pada umumnya mengandung unsur lemak baik yang berguna untuk cadangan tenaga tubuh.

    Selain lemak, kacang almonds juga mengandung zat-zat seperti tryptophan dan magnesium. Kedua zat ini membantu untuk menenangkan saraf otot dan detak jantung kita secara natural. Hal ini bakal sangat membantu kita untuk dapet tidur nyeyak dan berkualitas tentunya.

    BACA JUGA:  10 Manfaat Luar Biasa dari Teh Oolong yang Jarang Diketahui

    3. Madu

    5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari

    Kadang orang bilang kalo udah malem gaboleh minum ato makan yang manis-manis kan? Itu ada benernya sih, tapi cuman buat makanan atau minuman dengan pemanis buatan aja. Madu meski dianggep makanan manis tapi masih bersifat alami, bukan buatan manusia.

    BACA JUGA:  5 Jenis Teh yang Mampu Mengurangi Lemak dan Mencegah Obesitas

    Satu sendok teh madu sangat baik untuk dikonsumsi terutama sebelum tidur. Madu bisa membantu melepaskan zat melatonin dan menghentikan orexin untuk bantu kita lebih cepat tidur.

    4. Oats

    5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari

    Oats sebenernya sama-sama makanan mengandung karbo yang hampir sama kaya pisang. Oats adalah makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan amino acids yang membantu mengeluarkan melatonin untuk mempercepat tidur.

    Oats juga secara alami bisa menaikkan produksi insulin dalam tubuh dan meningkatkan gula darah.

    5. Kalkun

    5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari

    Kalkun seperti hewan unggas ayam termasuk sumber makanan yang mengandung protein tinggi. Protein membantu kita lebih cepet kenyang meski cuman makan dalam kadar yang sedikit dibanding makan karbo yang banyak.

    Kalkun juga mengandung tryptophan yang bakal ngebantu penenangan saraf otot untuk tidur lebih rileks.

    Makanan Yang Harus Dihindari

    1. Alkohol

    5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari

    Kadang orang mikir kalo alkohol justru membantu kita makin cepet untuk masuk kea lam bawah sadar yang secara ga langsung juga artinya tidur. Pemahaman ini sebenernya kurang tepat karena kita masuk ke alam bawah sadar secara tidak natural dan bisa mengganggu fungsi tubuh.

    Kalo kalian tidur dalam keadaan mabuk, kualitas tidur kalian gak akan sebagus kalo tidur secara normal karena ga sampe ke tahapan deep sleep. Deep sleep artinya keadaan waktu tidur kita bener-bener sampe ke titik kita ga nyadar apapun di sekitar kita sehingga tubuh lebih rileks dan tenang.

    BACA JUGA:  Makanan yang Terbukti dapat Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Pandemi Covid-19

    2. Keju

    5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari

    Keju memang terbuat dari susu, dan kadang ada orang yang nganggep kalo minum susu sebelum tidur adalah hal yang baik. Tapi, kalian pernah gak denger cerita kalo orang kadang mimpi aneh setelah makan keju waktu tidur?

    Keju sebenernya mengandung kadar amino acids dan tyramine tinggi yang justru bikin kita semakin was-was meski lagi tidur. Kalo kalian mengonsumsi keju sebelum tidur, otak kalian sebenernya masih tetep bekerja dan bakal bikin kalian mimpi yang aneh-aneh selama tidur.

    3. Makanan Pedas

    5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari

    Kalo yang satu ini mungkin udah bukan hal yang asing buat kalian. Makanan yang terlalu pedas kadang bisa bikin kita mules dan pengen ke belakang terus-menerus.

    BACA JUGA:  10 Manfaat Luar Biasa dari Teh Oolong yang Jarang Diketahui

    Hal ini tentu bakal sangat mengganggu kalian pas lagi tidur karena 5-10 menit sekali kalian harus ke kamar mandi cuman karena salah makan sebelum tidur.

    4. Makanan Berlemak

    5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari

    Makanan berlemak yang dimaksud di sini bukan lemak sehat seperti kacang-kacangan tapi makanan seperti junk food. Makanan berlemak pada umumnya memang mengenyangkan, tapi kalo salah-salah justru malah mengganggu tubuh.

    Makanan berlemak pada umumnya susah untuk dicerna dan bisa meningkatkan pergerakan detak jantung. Ibarat kalian pas lagi tidur terus jantung berdetak kencang kaya lari mana bisa nyaman?

    5. Kopi

    5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari

    Minuman yang satu ini sebenernya udah jelas bukan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Kopi mengandung zat caffeine yang bakal ngeganggu tidur kalian.

    Efek dari caffeine sama seperti stimulan yang dampaknya bakal tetep kalian rasain bahkan untuk sepuluh jam kemudian. Buat kalian pecinta kopi, kalo mau tidur mending minum air putih anget aja ya biar bisa langsung merem.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    5 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur dan Yang Harus Dihindari