Rabu, Mei 12, 2021
More
    BerandaDaily Hack8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Keringat berlebih bisa menjadi sangat menjengkelkan, bahkan bisa mengganggu. Bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasannya berikut ini.

    -

    Ada banyak cara untuk mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat secara berlebihan. Berkeringat adalah hal yang wajar terjadi namun tidak jika sudah terlalu berlebihan.

    Berkeringat adalah salah satu respon tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu lingkungan sekitar. Penyebab umumnya adalah cuaca yang panas, rasa gugup, cemas, atau ketika kita sedang merasa tertekan.

    Hal-hal tersebut mungkin hanya menyebabkan tubuh kita mengeluarkan keringat dalam jumlah yang termasuk normal.

    Namun bagaimana jika kita mulai berkeringat secara berlebihan? Tentu itu adalah suatu kondisi yang tidak normal dan akan sangat mengganggu pada situasi tertentu.

    Beberapa orang memiliki masalah telapak tangan dan kaki yang mengeluarkan keringat secara berlebihan. Masalah ini tentu membuat keseharian penderitanya menjadi terganggu.

    Penyebab Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Berkeringat adalah mekanisme normal yang dilakukan tubuh untuk mendinginkan diri. Tetapi, jika keringat yang keluar berlebihan meski tidak melakukan aktivitas fisik berat, masalah ini disebut dengan hiperhidrosis.

    Hiperhidrosis terjadi ketika kelenjar keringat mendapat pesan dari sistem saraf tubuh untuk memproduksi keringat secara berlebih. Salah satu jenis hiperhidrosis yang paling banyak terjadi adalah hiperhidrosis palmoplantar.

    Hiperhidrosis palmoplantar adalah kondisi di mana tangan dan kaki berkeringat secara berlebihan. Tidak hanya telapak tangan dan kaki saja, kondisi ini juga dapat memengaruhi area tubuh lain, seperti ketiak, selangkangan, dan lainnya.

    Hiperhidrosis dapat terjadi sejak lahir atau baru akan berkembang seiring waktu, tapi sebagian besar orang yang mengalami kasus ini terjadi pada masa remaja.

    Penyebab telapak tangan dan kaki berkeringat yang tidak diketahui secara pasti disebut dengan hiperhidrosis primer. Artinya kondisi ini tidak dipengaruhi oleh penyakit atau kondisi kesehatan lainnya.

    Sementara, jika masalah ini didasari dengan oleh kondisi kesehatan lain, seperti asam urat, menopause, obesitas, diabetes melitus, hipertiroidisme, atau penggunaan obat-obatan tertentu, disebut dengan hiperhidrosis sekunder.

    Telapak Tangan dan kaki yang berkeringat dapat terasa sangat mengganggu ketika sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi jika penderitanya adalah seorang teknisi yang lingkungan kerjanya sering berhubungan dengan komponen listrik.

    Masalah ini berpotensi menurunkan rasa percaya diri dan performa sobat ketika sedang melakukan pekerjaan, bahkan bisa saja menimbulkan masalah yang lain. Lalu, kira-kira bagaimana cara mengatasinya?

    Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Keringat sebenarnya bukanlah sesuatu yang negatif, tetapi beda ceritanya jika telapak tangan dan kaki berkeringat secara berlebihan. Hal tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

    Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang ampuh dan efektif untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini adalah beberapa cara ampuh untuk mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat secara berlebihan.

    1. Menggunakan produk antiperspirant

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Salah satu cara yang efektif dan paling mudah dilakukan dalam mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat adalah dengan menggunakan antiperspirant.

    Antiperspirant atau lebih dikenal deodorant umumnya digunakan untuk mengatasi keringat berlebih yang menyebabkan bau di ketiak, namun ternyata juga ampuh mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat.

    BACA JUGA:  5 Jenis Gangguan Tidur, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

    Sobat dapat mengaplikasikan antiperspirant pada telapak tangan dan kaki di malam hari, agar bisa terserap dengan baik saat sobat tertidur.

    BACA JUGA:  3 Macam Tidur dan Seberapa Banyak Kamu Membutuhkannya

    Sebagian besar antiperspirant mengandung garam aluminium yang akan membentuk sumbatan pada pori pori kulit sehingga dapat menghalangi keringat berlebih.

    Mulailah dengan produk yang banyak dijual di toko terdekat. Namun, jika sobat sudah menggunakannya dan tidak ada efek apapun, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan antiperspirant yang ada di apotek.

    • Pakai antiperspirant sebelum tidur,
    • Pakaikan ke kulit secukupnya,
    • Disarankan untuk tidak memakai sarung tangan ataupun benda yang bisa menutupi permukaan tangan sobat. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadi iritasi kulit pada tangan sobat.

    2. Menggunakan baking soda

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Siapa sangka ternyata bahan kue ini memiliki beberapa manfaat dalam dunia kesehatan, baking soda juga menjadi salah satu solusi ampuh dalam mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat.

    Selain digunakan sebagai bahan kue baking soda juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan manusia. Contohnya adalah untuk membersihkan dan memutihkan gigi, dan juga dipercaya dapat mengurangi keringat pada telapak tangan dan kaki.

    Sifat basa yang dihasilkan oleh kandungan alkali di dalam baking soda membuatnya dapat membantu mengurangi dan membuat keringat menguap dengan lebih cepat.

    Cara menggunakannya pun cukup mudah, sobat hanya perlu menggosokkan pasta baking soda pada tangan dan kaki sobat. Kemudian, biarkan selama kurang lebih 5 menit, lalu cuci hingga bersih.

    Atau sobat bisa juga mencampurnya dengan air dengan cara berikut ini:

    • Campurkan 1-2 sendok teh baking soda dengan air,
    • Aduk hingga membentuk pasta/krim,
    • Oleskan pada tangan dan/atau kaki sobat yang berkeringat,
    • Diamkan selama 5 menit,
    • Bilas dengan bersih.

    3. Menggunakan cuka apel

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Walaupun memiliki aroma yang tidak sedap, sari cuka apel dapat membantu mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat menjadi kering.

    Cuka apel dapat membantu sobat dengan masalah keringat berlebih di telapak tangan dan kaki dengan cara menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh sobat.

    Cara menggunakannya pun cukup dengan oleskan cuka apel pada telapak tangan dan telapak kaki sobat. Kemudian biarkan semalaman agar sobat mendapat hasil yang maksimal.

    • Bersihkan dahulu telapak tangan sobat dan gunakan kapas untuk mengoleskan cuka apel pada area tersebut.
    • Biarkan semalaman dan mandi keesokan harinya untuk membersihkan cairan tersebut.
    • Disarankan untuk memakai bedak atau deodoran setelah mandi.

    4. Memanfaatkan daun sage

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Tanaman sage sering digunakan sebagai pengharum pada produk-produk sabun atau kosmetik. Siapa sangka, ternyata daun sage juga dipercaya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat.

    Sobat sehat hanya perlu mencampur daun sage ke dalam air, lalu merendam tangan dan kaki sobat yang berkeringat ke dalamnya.

    • Masukkan segenggam daun sage ke air
    • Rendam tangan Anda ke dalam air tersebut selama 20 menit

    Selain merendamkan tangan ke dalam air daun sage, sobat juga bisa meminumnya. Akan tetapi, lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda karena sage termasuk tanaman herbal.

    BACA JUGA:  Rahasia agar Paru-paru Tetap Sehat di Tengah Pandemi

    Bisa juga dengan mencampurkan daun ini ke teh atau makanan sobat. Zat yang terkandung di dalam daun sage dipercaya mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan mencegah timbulnya keringat pada telapak tangan dan kaki. 

    5. Melakukan iontophoresis

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Iontophoresis atau terapi stimulasi listrik adalah salah satu jenis terapi yang ampuh digunakan untuk mengatasi masalah keringat berlebih. Selain itu iontophoresis juga dapat mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat.

    Dalam terapi iontophoresis, sobat akan meletakkan tangan dan kaki di dalam air sekitar 20-30 menit. Sementara itu, perangkat listrik akan mengalirkan arus listrik dengan tegangan rendah ke dalam air untuk menghalangi sobat berkeringat. 

    Terapi ini dapat mengurangi keringat berlebih dengan cara memberi rangsangan berupa arus listrik pada kulit yang akan mengganggu kerja kelenjar keringat dan mengurangi keluarnya keringat

    BACA JUGA:  Rahasia agar Paru-paru Tetap Sehat di Tengah Pandemi

    Metode terapi ini termasuk metode yang mudah dilakukan, karena tidak menggunakan suntikan, laser, atau bahkan operasi. Sobat juga dapat melakukannya di rumah dengan membeli alat yang diperlukan.

    Sobat harus melakukan terapi ini beberapa kali dalam seminggu untuk merasakan manfaatnya. Namun, terapi ini tidak dianjurkan untuk sobat jika memiliki luka pada kulit yang akan direndam, wanita hamil dan orang yang memiliki masalah jantung atau epilepsi.

    6. Melakukan suntik botox

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Jika perawatan non-medis diatas masih kurang membuahkan hasil, perawatan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat, yaitu dengan suntik botox (botulinum toxin A).

    Tentu saja perawatan ini dapat dilakukan ketika sobat sudah melakukan konsultasi kepada dokter ahlinya.

    Suntik botox telah disetujui oleh para ahli untuk mengobati keringat berlebih pada ketiak, namun dokter juga dapat menggunakannya pada telapak tangan dan telapak kaki. 

    Botox bekerja dengan mencegah pelepasan bahan kimia yang dapat memberi sinyal pada kelenjar keringat untuk aktif. Hasil dari perawatan ini dapat bertahan hingga beberapa tahun.

    7. Mengonsumsi obat antikolinergik

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Jika perawatan sebelumnya belum juga membuahkan hasil yang memuaskan, dokter mungkin akan merekomendasikan obat resep, seperti obat antikolinergik.

    Obat oral ini dapat menghentikan aktivitas kelenjar keringat sobat. Namun, tidak semua orang dapat mengonsumsinya karena obat ini memiliki beberapa efek samping, seperti penglihatan kabur, jantung berdebar, dan masalah pada buang air kecil.

    8. Melakukan pembedahan atau operasi

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

    Solusi terakhir jika sobat tak kunjung menemukan titik cerah untuk mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat yaitu dengan cara pembedahan atau operasi.

    Pembedahan hanya disarankan bagi orang yang menderita hiperhidrosis berat yang tak mampu ditangani oleh perawatan lain. Prosedur yang akan dilakukan sepenuhnya di tentukan oleh dokter terkait.

    Dalam prosedur ini, umumnya dokter akan memotong, mengikis, atau menyedot kelenjar keringat agar keringat yang dihasilkan tidak berlebihan. 

    Akhir Kata

    Diatas adalah beberapa solusi menurut para ahli yang bisa untuk sobat sehat coba lakukan. Lakukanlah perawatan-perawatan diatas dengan sewajarnya dan tidak terlalu berlebihan.

    Jika cara mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat diatas masih tidak membantu masalah yang sobat hadapi, ada baiknya sobat sehat coba untuk berkonsultasi ke dokter.

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat
    Arihttp://virusehat.com
    Seorang pengangguran yang mencoba berguna dengan menularkan cara bagaimana melakukan gaya hidup sehat. Serta menyadarkan pembaca bahwa sehat itu mudah.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    8 Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat