Selasa, Mei 11, 2021
More
    BerandaDaily Hack7 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Kesehatan yang Jarang Diketahui

    7 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Kesehatan yang Jarang Diketahui

    -

    Banyak yang berlomba-lomba mencari cara ampuh untuk meningkatkan kesehatan, apalagi di tengah pandemi covid-19 atau virus corona seperti ini. Kesehatan adalah kekayaan, Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya dan itu benar sekali. Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda hasilkan. Jika Anda tidak sehat, Anda tidak akan menikmatinya.

    Tapi inilah masalahnya – hidup sehat tidak sesulit yang dipikirkan kebanyakan orang. Nyatanya, dengan sedikit dorongan ke arah yang benar, hidup sehat mungkin menjadi salah satu hal termudah untuk dicapai.

    Jadi, dalam artikel ini, saya akan membawa Anda melalui cara-cara sederhana, tidak begitu populer, tetapi terbukti untuk meningkatkan kesehatan Anda. Mari kita mulai.

    1. Adopsi Hewan Peliharaan

    Baiklah, hewan peliharaan kadang-kadang bisa gatal, kenyal, dan benar-benar berantakan, tetapi bukan itu saja. Hewan peliharaan juga bisa menyelamatkan hidup Anda… setidaknya begitu kata para ahli. “Hewan peliharaan mengurangi tingkat stres kita, mengakibatkan penurunan produksi kortisol, penurunan tekanan darah dan risiko serangan jantung,” kata Megan Tieber, DVM dan ahli hewan peliharaan terkemuka di Tuft + Paw.

    Tapi itu belum semuanya – ada begitu banyak alasan lain yang didukung sains mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki hewan peliharaan… terutama jika hidup sehat adalah tujuan Anda.

    • Hewan peliharaan dapat membantu Anda tetap aktif. Jika Anda kurang motivasi untuk berolahraga, hewan peliharaan mungkin yang Anda butuhkan. Dalam studi tertentu, para peneliti menemukan bahwa hampir setengah dari pemilik anjing secara efektif berolahraga selama setengah jam setiap hari setidaknya selama lima hari seminggu. Itu berarti 150 jam latihan per minggu… persis seperti yang direkomendasikan CDC!
    • Hewan peliharaan dapat membantu melawan depresi. Depresi bukanlah hal yang baik dan tidak seorang pun harus mengalaminya! Kabar baiknya adalah hewan peliharaan bisa membantu. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada mahasiswa yang mengalami depresi, ada penurunan 60% gejala depresi setelah peserta menghabiskan beberapa jam dengan anjing terapi. Dalam sebuah penelitian di Australia, pemilik kucing melaporkan kesehatan psikologis yang lebih baik daripada orang yang bukan hewan peliharaan. Terlebih lagi – penelitian juga menunjukkan bahwa kucing dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak-anak.
    • Hewan peliharaan dapat menjauhkan Anda dari kantor dokter. Percaya atau tidak… itu benar. Menurut sebuah penelitian di Australia yang dilakukan pada pemilik anjing, diamati bahwa pemilik anjing memiliki kunjungan ke dokter 15% lebih sedikit daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Jadikan itu apa yang Anda mau.

    2. Memulai Taman

    Anda mungkin tidak berpikir Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda dengan memasukkan tangan ke dalam lumpur… tetapi sejauh bukti ilmiah yang ada, berkebun sebenarnya dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda pada banyak tingkatan. Begini caranya.

    • Ini membuat Anda terpapar vitamin D.  Ingat vitamin D… tahukah Anda, vitamin sinar matahari? Nah, ternyata, berkebun (di luar ruangan) dapat membantu Anda mendapatkan vitamin penting ini dalam jumlah yang cukup. Di antaranya, vitamin D membantu memperkuat tulang dan sistem kekebalan tubuh.
    • Ini bentuk olahraga yang bagus . Jika Anda ingin berolahraga tanpa menyadarinya, yang Anda butuhkan hanyalah berkebun. Berkebun adalah salah satu bentuk latihan aerobik yang membuat Anda berkeringat tanpa memperhatikan. Berbagai gerakan yang terlibat, seperti membungkuk, memutar, jongkok, semuanya melatih berbagai kelompok otot dan membantu meningkatkan stamina dan fleksibilitas.
    • Itu bisa membantu melawan kesepian.  Berkebun dapat berdampak besar pada kesehatan mental. Dalam banyak kesempatan, orang yang memelihara taman melaporkan suasana hati yang membaik. Selain itu, kebun komunitas dapat menawarkan kesempatan unik untuk bersosialisasi, terutama pada lansia.
    • Ini menurunkan risiko demensia. Menurut sebuah studi selama 16 tahun yang diterbitkan dalam Medical Journal of Australia, aktivitas fisik, khususnya berkebun dapat membantu mengurangi risiko demensia.
    BACA JUGA:  5 Cara untuk Berhenti Merasa Pesimis

    3. Putus dengan Lemak Perut

    Maaf sobat gelembung Anda meledak… tetapi jika Anda ingin panjang umur, hidup sehat, Anda benar-benar perlu menghilangkan lemak tubuh yang berlebih… terutama lemak perut. Tapi mengapa lemak perut menjadi masalah besar? Baiklah, anggap saja itu jauh lebih berbahaya daripada menusuk kesombongan dan penerimaan sosial Anda.

    BACA JUGA:  3 Macam Tidur dan Seberapa Banyak Kamu Membutuhkannya

    Antara lain, lemak perut menumpuk di sekitar organ dalam Anda dan ini telah dikaitkan dengan berbagai penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2. Dan itu sangat tidak bagus.

    Cara termudah untuk mengetahui Anda memiliki lemak perut berlebih adalah dengan memantau lingkar pinggang Anda. Biasanya, ukuran pinggang yang melebihi 40 inci (102 cm) pada pria dan 35 inci (88 cm) pada wanita dianggap sebagai obesitas perut. Dan ini adalah indikator yang lebih baik daripada timbangan timbangan.

    Oke, cukup bicara! Bagaimana Anda bisa menghilangkan lemak perut? Mari lihat:

    • Buat jus dengan teh detoks. Saya tahu ini terdengar tidak masuk akal tetapi dengarkan saya. Teh penurun berat badan – atau teh detoks yang kadang-kadang disebut – bermanfaat bagi tubuh dalam banyak hal… termasuk penurunan berat badan. Misalnya, penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara signifikan dalam waktu singkat. Namun, jika Anda berbelanja teh penurun berat badan, pastikan Anda melakukan riset dan membaca ulasan orang lain sebelum mengeluarkan uang sepeser pun… percayalah, Anda akan terhindar dari banyak sakit kepala di kemudian hari.
    • Singkirkan gula . Oke, dengarkan – jika Anda tidak melepaskan kelebihan gula (dan makanan manis), semua upaya penurunan berat badan Anda akan sia-sia! Minuman manis sangat mudah disalahgunakan. Studi menunjukkan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula meningkatkan risiko obesitas pada anak hingga 60 persen.
    • Makan lebih banyak protein. Tahukah Anda bahwa protein dapat membantu menurunkan berat badan? Ya, itu bisa! Faktanya, ini adalah salah satu makronutrien terpenting yang dapat membantu Anda dalam hal ini. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan, isilah piring Anda dengan protein dan hentikan karbohidratnya.
    • Lebih banyak berolahraga. Oke, jika Anda benar-benar serius ingin menghilangkan lemak perut, maka Anda perlu berolahraga… sekecil apa pun. Sekarang, saya tidak berbicara tentang latihan perut – itu tidak akan berhasil! Untuk menghilangkan lemak perut, lebih fokuslah pada latihan kardio seperti berjalan, berlari dan berenang… ini jauh lebih efektif.

    4. Tidur Tidur Tidur!

    Jadi, Anda mungkin pernah mendengar bagaimana tidur sangat penting untuk kesehatan dan produktivitas otak, bukan? Ya itu benar! Tidak ada pengganti untuk kualitas tidur dalam hal menjaga kesehatan.

    Selain mengacaukan kimiawi otak Anda, kurang tidur dapat mengganggu nafsu makan, meningkatkan stres, memicu resistensi insulin, dan meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan obesitas. Dan itu sangat buruk.

    Jadi, apapun yang Anda lakukan, tidak peduli seberapa sibuknya Anda, jangan mengganti apa pun dengan tidur malam yang nyenyak. Para ahli merekomendasikan tidur 6-8 jam setiap malam. Kesulitan tidur? Jangan khawatir … Saya membantu Anda. Berikut beberapa hal yang perlu dicoba untuk mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak

    • Jauhi gadget elektronik hampir 1-2 jam sebelum waktu tidur. Cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone, komputer, dan TV terbukti memengaruhi kualitas tidur.
    • Pertahankan waktu tidur yang teratur. Ini memungkinkan jam internal Anda berfungsi dengan baik dan melepaskan hormon tidur (melatonin) saat Anda membutuhkannya.
    • Mandi air hangat sebelum tidur. Ini membantu meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur.
    • Konsumsi suplemen melatonin. Ini adalah alat bantu tidur alami yang bekerja secara efektif dengan tubuh Anda untuk meningkatkan kualitas tidur.

    5. Tinggalkan Diet… Sebagai Gantinya Pertahankan Gaya Hidup Sehat

    Diet. Jangan. Kerja.

    Sesederhana itu. Tentu, segala bentuk pembatasan diet yang mengakibatkan pengurangan kalori secara signifikan akan membantu Anda menurunkan berat badan dalam jangka pendek. Tapi dalam jangka panjang, kebanyakan diet jatuh seperti sekotak kartu! Faktanya, diet bahkan dapat memengaruhi Anda untuk menambah berat badan di masa mendatang.

    BACA JUGA:  Rahasia agar Paru-paru Tetap Sehat di Tengah Pandemi

    Jadi apa yang harus kamu lakukan? Nah, daripada memfokuskan semua perhatian Anda pada diet ini atau diet itu, mengapa tidak melakukan perubahan gaya hidup positif saja. Berjalan-jalan setiap hari ke taman, masukkan selotip dan menari di sekitar rumah saat membersihkan atau memasak, buang donat McDonalds yang murah dan makan buah-buahan dan sayuran segar sebagai gantinya.

    Perubahan gaya hidup yang tampaknya sederhana ini jauh lebih efektif dan lebih mudah dipertahankan dalam jangka panjang daripada diet ketat. Namun, apa yang Anda makan juga sangat penting. Jika Anda benar-benar ingin sehat, Anda perlu membuang junk food olahan dan beralih ke makanan bersih utuh.

    BACA JUGA:  8 Cara Terbaik untuk Bersantai dan Mengurangi Stres

    Kacang sangat membantu. Jadi, jika Anda membutuhkan camilan sehat untuk menyibukkan mulut, tanpa membahayakan lingkar pinggang Anda, almond panggang mungkin yang Anda butuhkan.

    6. Makan Lebih Banyak Telur

    Oke, jadi Anda mungkin pernah mendengar bagaimana telur dan lemak jenuhnya buruk bagi kesehatan. Yah, itu tidak masuk akal. Telur sangat bergizi sehingga kadang-kadang bahkan disebut sebagai “multivitamin alami”.

    Telur biasanya didiskriminasi karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Tapi coba tebak – penelitian telah menunjukkan bahwa ini tidak berpengaruh pada kolesterol darah pada kebanyakan orang.

    Apalagi? Dalam studi lain yang melibatkan lebih dari 260 ribu peserta, diamati bahwa asupan telur sama sekali tidak ada hubungannya dengan risiko penyakit jantung. Apa lagi yang Anda butuhkan, bukan?

    7. Jaga usus Anda

    Oke, dengarkan – pilar kesehatan Anda didirikan di usus Anda! Hampir setiap kondisi kesehatan yang bisa dibayangkan berawal dari masalah di usus. Tapi bagaimana itu mungkin?

    Nah, saat itu terjadi, usus adalah rumah bagi jutaan bakteri… disebut sebagai mikrobioma. Dan bakteri ini memegang kunci kemampuan Anda untuk mencerna dan memanfaatkan makanan secara memadai, respons kekebalan, dan sejumlah hal penting lainnya.

    Menariknya, pilihan gaya hidup yang buruk seperti makan junk food, membuat diri Anda stres secara berlebihan dan kurang tidur serta penggunaan antibiotik yang berlebihan semuanya dapat berdampak negatif pada mikrobioma Anda. Jadi, apa yang terjadi ketika Anda menghilangkan bakteri di usus Anda?

    Dalam banyak kasus, metabolisme Anda terpengaruh dan berat badan Anda bertambah. Namun dalam kasus yang lebih gelap, sistem kekebalan tubuh terganggu dan itu membuka pintu ke berbagai penyakit.

    Oke, cukup dengan pembicaraan hari kiamat. Bagaimana Anda bisa menjaga keberanian Anda untuk menghindari semua hal buruk ini? Berikut ini penurunannya:

    • Makan banyak serat. Serat berfungsi sebagai makanan bagi bakteri dan juga dapat membantu memediasi perjalanan makanan yang tepat di sepanjang usus. Makanan berserat tinggi termasuk popcorn, oat, almond, wortel, dan biji chia.
    • Makan perlahan. Ini akan membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi, yang meningkatkan kesehatan usus.
    • Konsumsi suplemen probiotik. Probiotik adalah suplemen yang mengandung bakteri baik yang dapat membantu meningkatkan keseimbangan mikrobioma. Berhati-hatilah dan pastikan Anda mendapatkan yang benar.
    • Minum lebih banyak air. Bakteri baik menyukainya. Ini juga membantu menjaga lapisan usus tetap bagus dan sehat.

    Garis Bawah

    Hidup sehat tidak sesulit yang diyakini kebanyakan orang. Terkadang, hal itu bermuara pada hal-hal sederhana yang terlewatkan. Namun, tujuan kesehatan Anda akan tetap menjadi fatamorgana yang selalu hilang jika tidak ada tindakan yang diambil.

    Jadi, turunlah dan mulai bekerja. Ayo … tanam taman, adopsi hewan peliharaan, makan telur, tidur di kasur, berjalan-jalan, minum teh penurun berat badan, buat beberapa perubahan di dapur Anda … lakukan saja. Dan itu tidak perlu menjadi langkah besar… mulailah dengan kecepatan Anda sendiri. Ingat Roma tidak dibangun dalam sehari.

    Namun satu hal yang pasti – Anda dapat mencapai tujuan kesehatan Anda… dengan sedikit usaha, tentunya. Anda punya ini!

    7 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Kesehatan yang Jarang Diketahui
    Arihttp://virusehat.com
    Seorang pengangguran yang mencoba berguna dengan menularkan cara bagaimana melakukan gaya hidup sehat. Serta menyadarkan pembaca bahwa sehat itu mudah.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    7 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Kesehatan yang Jarang Diketahui