Selasa, Februari 23, 2021
More
    Beranda Daily Hack Merasa Bahagia? Hormon Inilah yang Memengaruhi Perasaan Tersebut

    Merasa Bahagia? Hormon Inilah yang Memengaruhi Perasaan Tersebut

    Darimana rasa bahagia muncul?

    -

    Ada banyak sekali hormon yang bekerja di dalam tubuh. Beberapa diantaranya merupakan hormon tubuh yang memengaruhi rasa bahagia yang sering sobat rasakan sehari-hari.

    Ada banyak sekali komponen yang mengatur berbagai hal yang terjadi dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik, salah satunya adalah hormon. Jika keseimbangan hormon tertanggu, maka akan timbul masalah atau gangguan kesehatan.

    Mungkin sobat pernah mendengar penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh hormon? Memang sering terjadi kasus seperti itu, karena hormon adalah zat penting dalam tubuh yang berperan dalam berbagai hal.

    Pengertian Hormon

    Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh organ tubuh tertentu dari kelenjar endokrin yang berperan merangsang fungsi peran tubuh tertentu. Zat kimia ini akan menuju ke dalam jaringan dan organ bersama dengan sirkulasi darah.

    Selain itu, hormon juga merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh karena memengaruhi hampir semua sistem utama dan proses yang terjadi dalam tubuh.

    Fungsi Hormon

    Hormon sangat bermanfaat kerana dari fungsi yang dilakukan hormon pada organ tertentu. Fungsi hormon adalah seperti berikut :

    • memengaruhi dalam metabolisme glukosa, protein dan lemak pada seluruh tubuh,
    • mengendalikan tekanan darah,
    • merangsang dalam pembentukan sel darah merah,
    • mengendalikan dalam perkembangan ciri seksual dan sistem reproduksi,
    • mengendalikan pembentukan dan pelepasan hormon oleh korteks adrenal,
    • merangsang pembentukan dan pelepasan dari kelenjar tiroid,
    • mempertahankan homeostasis (keseimbangan keadaan tubuh dengan lingkungan sekitarnya),
    • memengaruhi perasaan atau mood.

    Hormon adalah zat yang bergerak dalam aliran darah ke jaringan dan organ. Zat ini sangat berpengaruh bagi fungsi tubuh, sedikit saja jumlah hormon berubah maka akan memengaruhi suatu fungsi tubuh tertentu bahkan kesehatan sobat secara umum. Maka itu, penting untuk menjaga keseimbangan jumlah hormon dalam tubuh.

    BACA JUGA:  5 Manfaat Olahraga Malam, Atasi Berbagai Masalah Kesehatan

    Selain itu, hormon juga berperan penting dalam kondisi mental atau kebahagiaan. Ada beberapa hormon tubuh yang memengaruhi rasa bahagia pada tubuh secara langsung maupun tidak langsung.

    Hormon Tubuh yang Memengaruhi Rasa Bahagia

    Hormon tubuh yang memengaruhi rasa bahagia

    Tahukah sobat jika perasaan yang kita alami seperti, bahagia, sedih, semangat, dan perasaan lain yang kita rasakan dipengaruhi oleh hormon? Berikut ini adalah beberapa hormon yang berperan mengatur perasaan positif yang kita rasakan.

    BACA JUGA:  Kalkulator Tidur, Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

    1. Dopamin

    Menurut laman Healthline, hormon dopamin dalam tubuh berperan untuk menimbulkan rasa termotivasi.

    Contohnya ketika sobat sedang berada dalam sebuah kompetisi, dan sobat berusaha untuk menang. Disini hormon dopamin akan mendorong motivasi sobat.

    Hormon dopamin juga berpengaruh besar terhadap motivasi para atlet agar tetap fokus pada tujuannya yaitu menang.

    2. Serotonin

    Hormon serotonin sebenarnya adalah sebuah neurotransmitter, yaitu pengantar sinyal antar jaringan saraf. Jadi selain memengaruhi suasana hati, hormon ini juga berperan dalam berbagai fungsi tubuh yang lain.

    Hormon serotonin berbahan dasar asam amino triptofan yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh, melainkan didapatkan melalui makanan.

    Jika tubuh sobat kekurangan asupan triptofan, maka kadar hormon serotonin dalam tubuh juga akan menurun, sehingga sobat akan memiliki mood yang buruk atau bahkan merasa depresi.

    3. Endorfin

    Berbeda dengan hormon serotonin, endorfin adalah zat kimia seperti morfin yang bisa dihasilkan secara alami oleh tubuh. Tepatnya diproduksi pada kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia

    Hormon endorfin ini berfungsi untuk membantu mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan bahagia dan positif. Endorfin juga dapat berfungsi sebagai penenang.

    Hormon endorfin dapat dipicu dengan berbagai cara, seperti mengonsumsi coklat. Dengan mengonsumsi coklat, tubuh juga akan mengeluarkan hormon endorfin dan membuat sobat merasa lebih tenang.

    BACA JUGA:  Anti Mager, 10 Kebiasaan Baik Setelah Bangun Tidur

    Selain dengan makanan, hormon ini juga dapat dipicu dengan berolahraga. Menurut penelitian olahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk mengobati rasa depresi atau stres.

    Saat sobat berolahraga, tubuh akan merespon dengan mengeluarkan hormon endorfin agar mengurangi rasa sakit/lelah dan memberikan energi positif.

    4. Oksitosin

    Hormon oksitosin adalah hormon yang memiliki peran dalam proses reproduksi. Hormon ini juga sering dijuluki sebagai “hormon cinta”.

    Sobat yang sedang menjalin hubungan dengan seseorang yang dicintai, pasti merasa bahagia, rasa bahagia ini muncul dari kadar hormon oksitosin yang tinggi.

    Oksitosin merupakan salah satu senyawa kebahagiaan. Saat hormon ini dilepaskan di bagian tertentu di otak, oksitosin dapat memengaruhi perilaku emosional, kognitif, dan sosial.

    Oksitosin juga dipercaya mampu mengurangi respons stres dan rasa cemas yang sering sobat alami. Serta berpengaruh terhadap keseimbangan psikologis, kepercayaan, dan relaksasi.

    5. Melatonin

    Pernahkan sobat bertanya, darimanakah rasa kantuk muncul? Rasa kantuk yang sering sobat rasakan di malam hari, muncul dari hormon bermana melatonin.

    Hormon melatonin adalah hormon alami yang terdapat di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur proses tidur. Atas fungsinya ini melatonin sering disebut sebagai hormon tidur.

    Berkat tidur nyenyak yang diberikan oleh hormon melatonin, sobat dapat merasa bahagia dan bersemangat di pagi hari.

    BACA JUGA:  Rahasia agar Paru-paru Tetap Sehat di Tengah Pandemi

    Penutup

    Itulah tadi beberapa hormon tubuh yang memengaruhi rasa bahagia dalam hidup sobat. Dengan memerhatikan keseimbangan hormon dalam tubuh maka sobat dapat merasa sehat, bersemangat dan bahkan bahagia.

    Agar kondisi hormon dalam tubuh sobat tetap dalam keadaan stabil, sobat diharapkan untuk tetap mengonsumsi makan-makanan yang sehat.

    Jika sobat mulai merasa kurang bahagia, atau mengalami depresi yang berkelanjutan. Silahkan sobat berkonsultasi dengan dokter terkait.

    Merasa Bahagia? Hormon Inilah yang Memengaruhi Perasaan Tersebut
    Arihttp://virusehat.com
    Seorang pengangguran yang mencoba berguna dengan menularkan cara bagaimana melakukan gaya hidup sehat. Serta menyadarkan pembaca bahwa sehat itu mudah.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    Merasa Bahagia? Hormon Inilah yang Memengaruhi Perasaan Tersebut