Rabu, Februari 24, 2021
More
    Beranda Exercise 5 Jenis Olahraga Cardio Terbaik

    5 Jenis Olahraga Cardio Terbaik

    Bingung mau olahraga cardio yang kaya gimana?

    -

    Kalo ngomong soal cardio, pasti kalian mikir kalo gak lari ya treadmill. Sebenernya, ada banyak jenis olahraga cardio terbaik selain lari dan treadmill yang kadang orang kurang tau. Cardio pada prinsipnya bikin detak jantung makin kenceng, dan hampir semua olahraga emng bikin jantung berdetak lebih kenceng.

    Cardio memiliki manfaat yang sangat baik untuk jantung dan kesehatan organ tubuh lainnya. Kalo kalian gamau angkat beban berat, mungkin olahraga kalian bisa dimulai dari hal simpel seperti cardio ini.

    Buat kalian yang mau mulai olahraga, yuk simak selengkapnya di 5 Jenis Olahraga Cardio Terbaik ini!

    5. Stair Climber

    Jenis Olahraga Cardio Terbaik

    Kalo kalian dah biasa naik turun tangga di rumah atau di kantor kalian, coba deh naik turun tangga itu tapi dengan kecepatan yang agak lumayan. Kalo kalian ngerasa ngos-ngosan abis itu berarti kalian dah ngelakuin salah satu olahraga cardio bernama Stair Climber.

    Jenis olahraga cardio ini punya impact yang lumayan terutama ke pembakaran kalori yang mencapai 500-600 kalori dalam waktu 30-45 menit. Tapi, kalian harus hati-hati ya supaya ga kepeleset pas naik turun tangga ini.

    4. Lompat Tali

    Jenis Olahraga Cardio Terbaik

    Nah kalo dulu kalian demen banget maen permainan ini, sekarang coba deh kalian ulangin lagi tapi dengan cara maen sendiri. Lompat tali atau biasa disebut skipping adalah jenis olahraga high intensity yang juga berfungsi sama kaya cardio.

    Kalian harus berusaha melompat di atas tali yang kalian ayunkan dengan kecepatan moderate. Olahraga ini cukup mompa jantung karena secara badan kalian harus lompat dengan cepat dalam waktu yang lumayan singkat. Gak kerasa nanti tau-tau udah keringetan aja pas lompat-lompat.

    BACA JUGA:  5 Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh
    BACA JUGA:  5 Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh

    3. Bersepeda

    Jenis Olahraga Cardio Terbaik

    Buat kalian yang udah rutin make sepeda kalo mau sekolah, kerja, atau ke Indomaret sekalipun sebenernya dah ngelakuin jenis olahraga cardio loh. Mesk begitu, kalian harus memperhatikan unsur utama supaya maen sepeda bisa jadi cardio melalui kecepatannya.

    Kalo kalian ngayun sepeda santai aja sih mungkin gak begitu cepet capek dan ga ngos-ngosan. Tapi, kalo kalian berusaha sprint sambil ngayuh sepeda selama beberapa detik aja pasti kalian bakal ngerasain detak jantung kencang yang sama kaya olahraga cardio pada umumnya.

    2. Berenang

    Jenis Olahraga Cardio Terbaik

    Siapa bilang kalo di air kalian gak bakal keringetan ato ngurangin kalori? Justru karena di dalem air gerakan kalian agak terbatas maka kalian bakal ngeluarin lebih banyak tenaga cuman untuk bisa mengapung aja.

    Kalo kalian berenang pake gaya-gaya seperti gaya bebas atau kupu-kupu tentunya bakal ngebantu bakar lebih banyak kalori. Next time kalo pas lagi maen di kolam, coba deh kalian berenang pake gaya bebas dari ujung ke ujung. Pasti kalian bakal ngerasa capek dan ngos-ngosan juga meski berada di air.

    1. High Intensity Interval Training (HIIT)

    Jenis Olahraga Cardio Terbaik

    Jenis olahraga satu ini bisa dibilang cardio yang paling efektif dari semua jenis cardio. HIIT adalah gerakan yang menggabungkan beberapa jenis teknik cardio jadi satu sesi. Satu sesi HIIT berdurasi 30-60 detik dengan 3-5 macam gerakan cardio.

    BACA JUGA:  Jangan Lewatkan Pemanasan Sebelum Olahraga! Ini Manfaatnya

    Anggepannya HIIT itu kaya macem-macem cardio tapi dijadiin satu dalam kurun waktu yang singkat. HIIT jadi cardio yang termasuk paling efektif karena kalian harus berusaha ngelakuin beberapa gerakan dengan jumlah yang banyak dalam waktu singkat. Ada banyak referensi HIIT yang bisa kalian coba di rumah sekalipun.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    5 Jenis Olahraga Cardio Terbaik