Senin, Mei 17, 2021
More
    BerandaFood n' DrinkMakanan yang Terbukti dapat Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Pandemi Covid-19

    Makanan yang Terbukti dapat Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Pandemi Covid-19

    Paru-paru adalah salah satu organ penting tubuh, sehingga kita perlu memperhatikan kesehatannya

    -

    Di tengah pandemi virus corona ini, ada baiknya kita memperhatikan makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru agar dapat tetap fit menjalani rutinitas.

    Perlu sobat perhatikan, bagian tubuh utama yang diserang oleh virus corona (covid-19) yaitu, sistem pernapasan yang tak lain dan tak bukan adalah paru-paru kita.

    Oleh karena itu, agar tetap dapat menjalani rutinitas dengan normal di tengah pandemi ini, kita perlu memperhatikan kesehatan paru-paru kita. Salah satu caranya yaitu dengan memperhatikan makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

    Menjaga kesehatan paru-paru dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi tinggi, untuk membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan paru-paru agar dapat berfungsi dengan baik.

    Jika sobat khawatir dengan kondisi paru-paru sobat di tengah pandemi seperti ini, atau khawatir akan paru-paru rusak karena kebiasan merokok atau polusi udara, atau bahkan karena penyakit bawaan seperti asma.

    10 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

    Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

    Paru-paru yang sehat berarti sobat dapat melakukan berbagai aktivitas dengan lancar tanpa gangguan.

    Ada berbagai macam makanan sehat yang dapat sobat konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Berikut ini daftarnya:

    1. Ikan Berminyak

    Ikan yang kaya akan minyak adalah pilihan makanan yang sangat baik untuk paru-paru yang sehat, karena mengandung omega-3 tingkat tinggi yang berhubungan dengan kesehatan paru-paru.

    Menurut wikipedia, Ikan berminyak adalah ikan yang dagingnya mengandung minyak, umumnya ikan ini memiliki daging berwarna merah namun ikan berdaging putih juga memilikinya dalam jumlah yang lebih sedikit. Pada ikan berdaging merah, minyaknya dapat mencapai kadar 30% dari massa daging, tergantung spesiesnya.

    2. Apel

    Apel adalah makanan yang cocok untuk sobat yang menginginkan paru-paru yang sehat. Memakan sebuah apel sehari terbukti dapat meningkatkan kesehatan paru-paru.

    BACA JUGA:  Anti Mager, 10 Kebiasaan Baik Setelah Bangun Tidur

    Ini karena apel memiliki kandungan phytochemical yang bisa mengurangi peradangan dan stres oksidatif, dan dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

    Selain itu, Menurut para peniliti, apel juga kaya akan kandungan vitamin C, E, beta-karoten dan anti-oksidan yang baik untuk kesehatan paru-paru.

    BACA JUGA:  Mengingat lebih baik, Ini Makanan yang Baik untuk Otak

    3. Air Mineral

    Sudah bukan hal yang baru bahwa air memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah air dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru.

    Air sangat penting untuk kesehatan tubuh dan paru-paru. Paru-paru yang kering mudah mengalami iritasi. Oleh karena itu, sobat disarankan untuk minum enam sampai delapan gelas sehari.

    4. Aprikot

    Aprikot dikaitkan dengan kesehatan paru-paru karena kaya akan vitamin A. The Office of Dietary Supplements mencatat bahwa vitamin A mendukung lapisan saluran pernapasan, dan dapat menurunkan risiko infeksi paru-paru.

    5. Brokoli

    Brokoli adalah salah satu makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Hal ini karena brokoli memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi.

    EduBook mencatat bahwa ini adalah salah satu sayuran hijau terbaik untuk kesehatan paru-paru, terutama pada orang dengan gangguan paru obstruktif kronik.

    Brokoli kaya akan kandungan vitamin C, karotenoid, folat, dan phytochemical yang dapat membantu melawan zat-zat yang dapat merusak paru-paru.

    6. Olahan dari unggas

    Ayam, itik, bebek atau hewan bersayap lainnya yang biasa dikonsumsi dapat bermanfaat bagi paru-paru sobat. Menurut Office of Dietary Supplements, makanan ini kaya akan vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru.

    Tubuh sobat juga sebenarnya dapat menyerap vitamin A versi hewani lebih baik daripada vitamin A versi nabati.

    7. Teh hijau

    Jika sobat termasuk orang yang sering bersantai sembari menyeruput minuman hangat, teh hijau adalah salah satu pilihan yang bagus.

    Ini karena, menurut beberapa penelitian, teh hijau dipenuhi berbagai polifenol dan antioksidan yang dikenal dapat membantu mencegah perumbuhan sel kanker di paru-paru.

    Selain itu, mengonsumsi teh hijau secara teratur juga dapat mengurangi perkembangan penyakit paru obstruktif kronis.

    BACA JUGA:  Lakukan Olahraga ini Agar Paru-paru Menjadi Sehat dan Terhindar Corona

    8. Kenari

    Kenari adalah salah satu makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru karena merupakan sumber vegetarian asam lemak omega-3. 

    Makan kenari dalam porsi teratur secara rutin, sekitar satu genggam setiap hari dapat membantu melawan asma dan penyakit pernapasan lainnya menurut “Journal of American College of Nutrition.”

    9. Kacang-Kacangan

    Menurut American Cancer Society, kacang dapat mendukung kesehatan paru-paru. kacang merah, kacang pinto, kacang hitam, dan kacang-kacangan lainnya adalah sumber antioksidan yang baik, yang melawan radikal bebas yang dapat merusak paru-paru.

    10. Bawang Putih

    Sobat juga dapat mencoba mengonsumsi bawang putih yang merupakan salah satu makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

    Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu paru-paru terlindung dari bahaya stres dan oksidatif.

    Rutin mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker paru-paru di masa mendatang.

    BACA JUGA:  Rahasia agar Paru-paru Tetap Sehat di Tengah Pandemi

    Makanan yang Perlu Dihindari

    Jika sobat menginginkan paru-paru yang sehat, sobat perlu menghindari makanan olahan yang digoreng, serta lemak tidak sehat seperti yang ditemukan dalam daging olahan atau minyak olahan.

    Selain itu, makanan apa pun yang memicu peradangan juga dapat berbahaya bagi paru-paru, mengonsumsi terlalu banyak produk susu dalam bentuk krim dan keju yang berat dapat meningkatkan lendir dan peradangan di saluran udara yang menyebabkan fungsi paru-paru menjadi lebih buruk.

    Dan untuk kesehatan paru-paru yang baik, American Lung Association menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak trans, seperti mentega dan lemak babi, serta menjaga kadar natrium sobat tetap rendah untuk mencegah edema (pembengkakan) yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

    Garis Besar

    Selain mengonsumsi makanan-makanan diatas, hal terpenting dari menjaga kesehatan paru-paru adalah berhenti merokok, vape, atau berada di lingkungan yang penuh dengan asap.

    Sobat juga perlu menghindari menghirup udara yang kurang segar, dan selalu menggunakan masker untuk menghindari polusi, asap kendaraan, dan kemungkinan terkena covid-19.

    Makanan yang Terbukti dapat Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Pandemi Covid-19
    Arihttp://virusehat.com
    Seorang pengangguran yang mencoba berguna dengan menularkan cara bagaimana melakukan gaya hidup sehat. Serta menyadarkan pembaca bahwa sehat itu mudah.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    Makanan yang Terbukti dapat Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Pandemi Covid-19