Rabu, Februari 24, 2021
More
    Beranda Food n' Drink Jarang Diketahui, 11 Manfaat Kesehatan Teh Hijau (Green Tea)

    Jarang Diketahui, 11 Manfaat Kesehatan Teh Hijau (Green Tea)

    -

    Teh hijau atau Green Tea adalah salah satu minuman paling sehat. Karena ada berbagai manfaat kesehatan teh hijau di dalamnya dan dianggap sebagai “minuman anti-penuaan”. Anda mungkin pernah mendengar banyak tentang manfaat kesehatan dari teh hijau – sarat dengan antioksidan dan nutrisi yang bagus untuk tubuh dan pikiran Anda.

    Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang manfaat teh hijau bagi kesehatan dan cara meminumnya untuk dinikmati dengan sebaik-baiknya (karena rasanya dan manfaatnya).

    Mengapa teh hijau?

    Manfaat Kesehatan Teh Hijau

    Teh hijau telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun, berasal dari China namun banyak digunakan di seluruh Asia, minuman ini memiliki banyak kegunaan mulai dari penurun tekanan darah hingga pencegah kanker.

    Alasan teh hijau memiliki lebih banyak manfaat kesehatan yang melekat padanya daripada teh hitam adalah karena pengolahannya. Teh hitam diproses dengan cara yang memungkinkan untuk fermentasi sedangkan pengolahan teh hijau menghindari proses fermentasi. Hasilnya, teh hijau mempertahankan jumlah maksimum antioksidan dan polifenol, zat yang memberi teh hijau banyak manfaatnya.

    11 Manfaat Kesehatan Teh Hijau (Belum Anda Ketahui)

    Berikut daftar manfaat luar biasa teh hijau – manfaat yang mungkin belum Anda sadari. Beberapa manfaat ini masih diperdebatkan, jadi harap lakukan riset sendiri jika ingin menggunakan teh hijau untuk tujuan pengobatan.

    1. Penurunan Berat Badan. Teh hijau meningkatkan metabolisme. Polifenol yang ditemukan dalam teh hijau bekerja untuk meningkatkan oksidasi lemak dan kecepatan tubuh mengubah makanan menjadi kalori. Bacalah artikel ini jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang ini:  Apakah Minum Teh Hijau Cara yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?
    2. Diabetes. Teh hijau ternyata membantu mengatur kadar glukosa yang memperlambat kenaikan gula darah setelah makan. Ini dapat mencegah lonjakan insulin yang tinggi dan mengakibatkan penyimpanan lemak.
    3. Penyakit jantung. Para ilmuwan berpikir, teh hijau bekerja pada lapisan pembuluh darah, membantu membuatnya tetap rileks dan lebih mampu menahan perubahan tekanan darah. Ini juga dapat melindungi dari pembentukan gumpalan, yang merupakan penyebab utama serangan jantung.
    4. Kanker Esofagus. Dapat mengurangi risiko kanker esofagus, tetapi juga secara luas dianggap dapat membunuh sel kanker secara umum tanpa merusak jaringan sehat di sekitarnya.
    5. Kolesterol. Teh hijau mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan rasio kolesterol baik dengan kolesterol jahat.
    6. Alzheimer dan Parkinson. Dikatakan untuk menunda kerusakan yang disebabkan oleh Alzheimer dan Parkinson. Studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa teh hijau melindungi sel-sel otak dari kematian dan memulihkan sel-sel otak yang rusak.
    7. Kerusakan gigi. Studi menunjukkan bahwa antioksidan kimiawi “katekin” dalam teh dapat menghancurkan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi tenggorokan, karies gigi, dan kondisi gigi lainnya.
    8. Tekanan darah. Konsumsi teh hijau secara teratur dianggap dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.
    9. Depresi. Theanine adalah asam amino yang secara alami ditemukan di daun teh. Zat inilah yang dianggap memberikan efek rileks dan menenangkan serta bermanfaat besar bagi peminum teh.
    10. Anti-virus dan Anti-bakteri. Katekin teh adalah agen antibakteri dan antivirus yang kuat yang membuatnya efektif untuk mengobati segala hal mulai dari influenza hingga kanker. Dalam beberapa penelitian, teh hijau terbukti dapat menghambat penyebaran banyak penyakit.
    11. Perawatan kulit. Teh hijau ternyata juga dapat membantu mengatasi keriput dan tanda-tanda penuaan, hal ini karena aktivitas antioksidan dan antiperadangannya. Penelitian pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa teh hijau yang dioleskan dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.
    BACA JUGA:  10 Manfaat Luar Biasa dari Teh Oolong yang Jarang Diketahui
    BACA JUGA:  Makanan yang Terbukti dapat Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Pandemi Covid-19

    Berapa banyak teh hijau yang harus Anda minum?

    Ini adalah beberapa dari sekian banyak manfaat tetapi kenyataannya satu cangkir teh sehari tidak akan memberi Anda semua keuntungan yang melimpah. Juri sedang menentukan berapa banyak cangkir yang dibutuhkan; beberapa mengatakan sedikitnya dua cangkir sehari sementara yang lain lima cangkir. Jika Anda berpikir untuk menempuh cara ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil suplemen teh hijau sebagai gantinya (itu akan membuat Anda keluar dari kamar mandi).

    Risiko potensial minum teh hijau

    Ada kafein dalam teh hijau. Jika Anda sensitif terhadap kafein, satu cangkir sehari harus menjadi batas Anda. 

    Teh hijau juga mengandung tanin (yang dapat menurunkan penyerapan zat besi dan asam folat). Jika Anda sedang hamil atau mencoba untuk hamil, maka teh hijau mungkin tidak ideal untuk Anda.

    SourceLifehack
    Jarang Diketahui, 11 Manfaat Kesehatan Teh Hijau (Green Tea)
    Arihttp://virusehat.com
    Seorang pengangguran yang mencoba berguna dengan menularkan cara bagaimana melakukan gaya hidup sehat. Serta menyadarkan pembaca bahwa sehat itu mudah.

    Must Read

    Jarang Diketahui, 11 Manfaat Kesehatan Teh Hijau (Green Tea)