Jumat, Februari 26, 2021
More
    Beranda Food n' Drink Kaya Nutrisi, 10 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

    Kaya Nutrisi, 10 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

    Si kuning dengan segudang manfaatnya.

    -

    Pernah kah sobat sehat bertanya tanya apa sih manfaat makan pisang setiap hari? Sebenarnya buah yang sering kita jumpai ini mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

    Pisang adalah buah yang sangat sehat dan lezat. Pisang pun mudah ditemui di pasar tradisional bahkan supermarket, dan harganya pun tidak terlalu mahal.

    Selain kaya nutrisi, pisang juga bebas lemak, kolesterol dan rendah sodium sehingga pisang adalah makanan sangat cocok untuk sobat sehat yang sedang menjalani diet.

    Berikut ini adalah pembahasan mengenai manfaat makan pisang setiap hari:

    10 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

    Manfaat Makan Pisang Setiap Hari
    Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

    1. Pisang adalah sumber vitamin B6 Terbaik

    Kebutuhan vitamin B6 sehari hari akan terpenuhi adalah salah satu manfaat makan pisang setiap hari.

    Vitamin B6 yang terdapat pada pisang sangat mudah untuk diserap oleh tubuh manusia dan memberikan banyak manfaat pada tubuh manusia.

    Manfaat vitamin B6 dalam pisang:

    • Menghasilkan sel darah merah,
    • Memetabolisme karbohidrat dan lemak lalu diolah menjadi energi,
    • Memetabolisme asam amino,
    • Menghilangkan zat-zat yang berbahaya dari hati dan ginjal,
    • Menjaga sistem saraf yang sehat.

    Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 juga baik untuk wanita hamil, karena dapat membantu perkembangan sang buah hati.

    2. Pisang juga merupakan sumber vitamin C

    Vitamin C identik dengan jeruk, sobat pasti tidak terpikir bahwa pisang juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sobat sehat loh.

    Pisang dengan ukuran sedang dapat memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan vitamin C sehari-hari sobat sehat.

    Manfaat vitamin C:

    • Melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan,
    • Membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik,
    • Membantu tubuh memproduksi kolagen,
    • Membantu kesehatan otak dengan memproduksi serotonin, yaitu hormon yang mempengaruhi siklus tidur, suasana hati, dan perasaan stress atau sakit.
    BACA JUGA:  8 Teh Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan dan Membakar Lemak

    3. Pisang terdiri dari banyak serat, vitamin, dan antioksidan

    Tidak hanya vitamin B6 dan C, buah yang sangat populer di seluruh belahan dunia ini juga kaya akan serat dan antioksidan.

    Masih banyak lagi kandungan nutrisi baik yang dimiliki oleh buah berwarna kuning satu ini, seperti, potasium (kalium), manganese (mangan), magnesium, tembaga, karbohidrat, protein dan sedikit lemak.

    4. Manganese (mangan) dalam pisang baik untuk Kulit

    Satu buah pisang berukuran sedang memiliki sekitar 13% dari kebutuhan manganese (mangan) harian sobat.

    BACA JUGA:  Bahaya Kurang Fokus, 10 Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi

    Manganese membantu tubuh sobat membuat kolagen dan melindungi kulit serta sel-sel lain dari kerusakan akibat radikal bebas.

    5. Potasium dalam pisang baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah

    Pisang berukuran sedang dapat menyediakan sekitar 320-400mg potasium, yang memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan potasium harian sobat.

    Potasium membantu tubuh menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan sodium yang rendah.

    Kombinasi tinggi potasium dan rendah sodium dapat membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

    6. Pisang dapat membantu dan mengatasi masalah pencernaan

    Pisang berukuran sedang dapat memenuhi 10-12% kebutuhan serat harian sobat. Para ahli merekomendasikan 20g asupan serat harian untuk wanita dan 26g asupan serat harian untuk pria.

    Serat memiliki peran penting dalam kesehetan. Serat yang membantu tubuh sobat mengontrol kadar gula dan menghilangkan lemak seperti kolesterol.

    Serat tidak menambah berat badan, selain itu serat juga membantu menjaga usus sobat tetap sehat dan terhindar dari bakteri berbahaya.

    Pisang dapat mengatasi masalah pencernaan seperti:

    • sembelit,
    • radang perut, dan
    • maag.

    7. Pisang memiliki nutrisi yang bisa menyeimbangkan gula darah

    Pati resistan dan pektin yang terdapat pada pisang matang dapat berguna untuk menyeimbangkan kadar gula darah serta mengurangi nafsu makan dengan cara memperlambat proses pengosongan perut seperti yang sudah dijelaskan diatas.

    Hal itu disebabkan karena pisang memiliki peringkat yang rendah pada indeks glikemik yang meningkatkan kadar gula darah.

    Walau begitu, orang yang memiliki penyakit diabetes yang sudah cukup parah sebaiknya menghindari makan pisang matang.

    8. Pisang dapat membuat rasa kenyang lebih lama

    Kandungan pati resistan yang terdapat pada pisang yang sudah matang juga membuatnya dapat mengurangi nafsu makan dan membuat sobat tetap merasa kenyang untuk waktu yang lama.

    BACA JUGA:  10 Cara Meningkatkan Motivasi Workout dan Olahraga

    Pisang yang baru matang mengandung pati yang tidak di cerna (pati resistan) di usus kecil dan mampu masuk hingga ke usus besar. Pisang seperti itu membantu sobat memiliki badan yang ideal karena sobat menjadi tidak mudah lapar.

    9. Pisang adalah sumber energi yang baik

    Pisang mengandung tiga gula alami, sukrosa, fruktosa, dan glukosa, yang dapat memberi sobat energi bebas lemak dan koleterol.

    Dengan begitu, pisang sangat ideal untuk anak-anak dan atlet, untuk sarapan, sebagai cemilan di tengah hari atau sebelum dan sesudah olahraga.

    10. Cocok untuk diet, pisang dapat membantu menurunkan berat badan

    Kandungan lemak dan kalori yang rendah pada pisang, serta kaya akan nutrisi dan serat membuatnya menjadi makanan yang cocok untuk sobat yang sedang diet.

    Hal tersebut sangat membantu sobat yang sedang menjaga berat badan, bahkan dapat membantu sobat menurunkan berat badan.


    Para ahli dari kelompok SingHealth menjelaskan kenapa pisang sangat baik untuk kesehatan dan kenapa sobat harus rutin memakannya.

    Waktu Terbaik untuk Makan Pisang

    Untuk dapat merasakan manfaat makan pisang setiap hari, waktu terbaik untuk makan pisang tergantung pada kebutuhan dan preferensi nutrisi sobat sehat.

    Umumnya, rasa dan nilai gizi pisang berubah saat mereka sudah mulai matang. Pisang yang baru matang cenderung kurang manis dari pisang yang sudah benar-benar matang.

    BACA JUGA:  10 Cara Meningkatkan Motivasi Workout dan Olahraga

    Pisang yang baru matang dapat membuat sobat merasa tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama, ini membuatnya menjadi makanan diet yang sangat baik.

    Sementara itu, pisang yang sudah benar-benar matang, dengan bercak hitam di kulitnya lebih mudah dicerna oleh tubuh dan dapat memberi sobat energi yang sobat butuhkan sebelum berolahraga.

    Apakah Semua Orang Makan Pisang?

    Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan orang memiliki kadar potasium yang tinggi di dalam darah. Dalam hal ini, akan lebih baik jika menahan diri sejenak dalam memakan pisang.

    Orang dengan diabetes dapat memakan pisang selama kandungan karbohidratnya diperhitungkan dengan baik.


    Garis Besar

    Jadi, ada banyak sekali manfaat makan pisang setiap hari. Bahkan, tingkat kematangan pisang juga dapat memengaruhi kandungan nutrisi dan manfaatnya.

    Dari Anak-anak hingga orang remaja, dari ibu hamil hingga olahragawan, semua sangat cocok untuk makan pisang setiap hari agar seluruh nutrisi yang diperlukan tubuh dapat terpenuhi.

    Kaya Nutrisi, 10 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari
    Arihttp://virusehat.com
    Seorang pengangguran yang mencoba berguna dengan menularkan cara bagaimana melakukan gaya hidup sehat. Serta menyadarkan pembaca bahwa sehat itu mudah.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    Kaya Nutrisi, 10 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari