Rabu, Mei 12, 2021
More
    BerandaExerciseJangan Lewatkan Pemanasan Sebelum Olahraga! Ini Manfaatnya

    Jangan Lewatkan Pemanasan Sebelum Olahraga! Ini Manfaatnya

    Luangkan beberapa menit untuk melakukan pemanasan

    -

    Banyak orang yang tidak benar-benar menyadari manfaat pemanasan sebelum olahraga. Mereka tidak benar-benar memahami maksud dan tujuannya, dan cenderung hanya sebatas melakukannya saja.

    Padahal tanpa disadari banyak sekali manfaat dari melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga. Pemanasan adalah kunci penting agar sobat dapat melakukan olahraga dengan baik dan maksimal.

    Jika sobat melewati pemanasan, bisa saja terjadi berbagai hal-hal fatal saat sobat berolahraga, mulai dari terkilir, kram otot, dan sebagainya.

    10 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

    Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga
    Photo by Retha Ferguson from Pexels

    Pada postingan kali ini viruSehat akan memberi tahu sobat, apa sih manfaat pemanasan sebelum olahraga? Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini manfaat pemanasan sebelum olahraga.

    1. Mencegah cedera

    Saat sobat melakukan pemanasan, sebenarnya sobat melakukan gerakan untuk meregangkan otot. Dengan begitu, sobat dapat mengurangi risiko robeknya otot dan jaringan ketika sedang berolahraga.

    Ini dapat terjadi sebab sobat memaksakan tubuh yang masih ‘dingin’ untuk menjadi panas dalam seketika. Inilah salah satu manfaat pemanasan sebelum olahraga yang dapat sobat peroleh.

    Jika sobat memaksakan langsung berolahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu atau bahkan langsung berolahraga dari yang sebelumnya tidak bergerak sama sekali, area yang masih tegang dan kaku adalah yang paling rentan terhadap cedera.

    2. Mengurangi rasa lelah

    Sobat dapat merasa bisa berolahraga lebih lama ketika melakukan pemanasan sebelum memulai berolahraga, karena dengan melenturkan otot saat pemanasan, sobat cenderung tidak akan merasa kelelahan di otot.

    Pemanasan dapat membantu membangunkan beberapa area di tubuh yang membutuhkan lebih banyak waktu dan dorongan untuk ‘bangun’, sehingga mereka dapat secara efisien membawa sobat melakukan workout yang lebih lama.

    BACA JUGA:  5 Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh

    3. Memperlancar aliran oksigen

    Aliran oksigen dalam tubuh yang kurang lancar dapat menghambat kinerja sobat ketika berolahraga, selain itu bisa juga menyebabkan cedera serius pada sendi.

    Rasa sakit dan ketegangan tersebut dapat sobat dirasakan ketika mulai berolahraga padahal beberapa area dalam tubuh sobat belum diberikan aliran darah beroksigen segar.

    BACA JUGA:  Bahaya Kurang Fokus, 10 Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi

    Peregangan dapat membantu mendorong aliran oksigen segar dari paru-paru melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini tidak hanya dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi kemungkinan cedera, tetapi dapat juga membantu meningkatkan kinerja gerakanmu.

    4. Meningkatkan kinerja saat berolahraga

    Manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah dapat membantu otot dan sendi menjadi lebih siap bergerak. Sobat akan memiliki oksigen yang segar untuk tubuh, mengurangi risiko cedera, dan meningkatkan energi sekaligus mengurangi kelelahan.

    Umumnya, ini akan meningkatkan kinerja untuk setiap olahraga, baik cardio atau kekuatan. Olahraga dalam kondisi otot dan sendi setelah pemanasan terbukti dapat meningkatkan kinerja aktivitas fisik.

    Pasalnya, sendi dan otot yang fleksibel serta sudah siap bergerak atau sudah ‘panas’ cenderung lebih hemat tenaga. Sehingga, kinerja olahraga secara keseluruhan menjadi lebih optimal.

    5. Meningkatkan energi dan motivasi

    Darah berkumpul di otot yang belum pernah digunakan atau yang masih ‘dingin’. Dalam revitalisasi sirkulasi ke otot-otot, sobat akan merasa peningkatan tingkat energi akibat pemanasan yang sudah sobat lakukan.

    Aliran darah ke otak (terutama jika sobat melakukan peregangan punggung dan tulang belakang) sehingga tingkat konsentrasi sobat pun dapat meningkat, dan motivasi untuk melakukan latihan dengan sungguh sunggu akan muncul.

    6. Meningkatkan kelenturan (fleksibilitas)

    Sebelum sobat memulai olahraga, melakukan pemanasan sangat penting untuk menjaga kelenturan tubuh ini merupakan salah satu manfaat pemanasan sebelum olahraga.

    Hal tersebut karena, ada beberapa kasus yang sering terjadi, salah satunya tubuh yang kaku menimbulkan sensasi nyeri ketika digerakkan dengan volume tinggi bahkan dapat menimbulkan rasa kram otot.

    BACA JUGA:  5 Manfaat Olahraga Malam, Atasi Berbagai Masalah Kesehatan

    Oleh karena itu, dengan melakukan pemanasan, otot yang kaku tersebut dapat sedikit dilenturkan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan rasa nyeri yang berarti ketika sobat mulai melakukan latihan.

    7. Menurunkan tingkat stres

    Siapa yang akan berpikir bahwa pemanasan ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental.

    Dengan melakukan pemanasan sedikit lebih lama, diyakini dapat meningkatkan mood sobat untuk melakukan latihan. Dengan begitu, perasaan stres dan depresi akan hilang karena efek relaksasi diperoleh dari sirkulasi darah dan oksigen yang lancar.

    8. Meningkatkan stamina

    Pemanasan mengendurkan otot yang sobat lakukan, dapat mengurangi kelelahan otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Semakin lama durasi sobat berolahraga maka semakin banyak juga energi yang sobat bakar, hal tersebut dapat menyebabkan sobat menjadi lelah.

    BACA JUGA:  5 Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh

    Dengan pemanasan, sobat dapat menghindari timbulnya kelelahan otot dengan memastikan oksigen mengalir secara efisien melalui darah sobat, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.

    9. Menstabilkan detak jantung

    Apakah sobat pernah merasa detak jantung yang lebih berdebar selama latihan? Tentu saja, tidak jarang. Namun, meskipun hal seperti itu terbilang biasa, tetapi tidak dapat diremehkan sama sekali. Karena denyut jantung bisa menghasilkan efek yang mengkhawatirkan jika tidak diatur atau stabil.

    Menurut para ahli, dengan melakukan pemanasan beberapa menit sebelum latihan, dapat membantu dengup jantung menjadi lebih stabil selama sesi latihan berlangsung.

    10. Memperbaiki postur tubuh

    Tujuan melakukan pemanasan sebelum olahraga lainnya adalah mencegah ketidakseimbangan otot. Apabila dilakukan secara rutin sebelum memulai sesi latihan, pemanasan ini perlahan-lahan dapat memperbaiki postur tubuh tubu sobat.

    Garis Besar

    Sebisa mungkin jangan sampai sobat melewatkan sesi pemanasan beberapa menit sebelum memulai sesi latihan. Karena hal tersebut dapat berdampak buruk pada otot bahkan dapat membuat sobat cedera.

    Siapkan waktu beberapa menit sebelum memulai olahraga sobat untuk melakukan pemanasan. Dengan sobat dapat merasakan berbagai manfaat pemanasan sebelum olahraga.

    Jangan Lewatkan Pemanasan Sebelum Olahraga! Ini Manfaatnya
    Arihttp://virusehat.com
    Seorang pengangguran yang mencoba berguna dengan menularkan cara bagaimana melakukan gaya hidup sehat. Serta menyadarkan pembaca bahwa sehat itu mudah.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    Jangan Lewatkan Pemanasan Sebelum Olahraga! Ini Manfaatnya