Minggu, Februari 21, 2021
More
    Beranda Exercise 5 Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh

    5 Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh

    Yakin nih masih gamau mulai olahraga cardio?

    -

    Sobat sehat pastinya dah gak asing lagi sih sama yang namanya cardio. Tapi, mungkin  kalian sebenernya belum begitu tau manfaat penting cardio bagi kesehatan tubuh. Kalian mungkin taunya cardio bikin cepet capek karena detak jantung makin kenjeng.

    Ga salah sih karena memang cardio fokus utamanya adalah mempercepat detak jantung dari aktivitas tubuh yang cukup intens. Sobat sehat juga perlu tau kalo dibalik nafas yang sampe ngos-ngosan itu ada banyak manfaatnya loh.

    Ga perlu lama-lama lagi, yuk langsung aja kita bahas 5 Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh!

    1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

    Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh

    Olahraga cardio fokus utamanya memang mengarah ke pemompaan darah di jantung yang lebih cepat. Hal ini bukan cuman sekedar bikin kalian cepet capek loh, karena manfaat utamanya adalah kesehatan untuk jantung itu sendiri.

    Tubuh kita mempunyai otot yang harus sering digerakkan, sama halnya seperti jantung. Jantung yang jarang-jarang ‘digerakkan’ lama-lama bakal melemah dan kalian bakal gampang terserang penyakit pernafasan. Jantung sebaiknya dijaga untuk bisa berdetak dengan rate yang cepat beberapa waktu untuk meningkatkan kesehatannya.

    2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

    Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh

    Masih kaitannya dengan kecepatan pompa jantung, cardio juga bisa memberi manfaat berupa peningkatan metabolisme atau ketahanan tubuh. Metabolisme adalah peningkatan proses-proses dalam tubuh yang disebabkan oleh pergerakan yang cepat.

    BACA JUGA:  Lakukan Olahraga ini Agar Paru-paru Menjadi Sehat dan Terhindar Corona

    Peningkatan yang dimaksud salah satunya adalah ketahanan tubuh dari hasil pergerakan saat cardio. Pergerakkan cardio yang semakin cepat juga akan mempercepat proses peningkatan daya tahan tubuh. Meski begitu, bukan berarti kalian harus lari atau mengayuh sepeda secepat-cepatnya karena butuh juga tetap butuh waktu istirahat untuk recovery otot.

    BACA JUGA:  Jangan Lewatkan Pemanasan Sebelum Olahraga! Ini Manfaatnya

    3. Mengurangi Stress dan Malas Makan

    Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh

    Ketika melakukan cardio, tubuh kita gak cuman sekedar bergerak aja tapi ada hormon-hormon dalam tubuh yang keluar. Salah satu hormon yang keluar setelah olahraga adalah endorphin yang bisa membantu mengurangi stress dan ketidaknyaman dalam tubuh seseorang.

    Hormon lain yang dikeluarkan adalah hormon-hormon yang mengurangi nafsu makan sehngga setelah cardio biasanya kalian akan langsung merasa lapar dan pengen langsung makan. Cobalah untuk mulai berolahraga diawali dari hal kecil seperti jogging untuk mengurangi rasa penat di pikiran kalian.

    4. Mencegah Diabetes

    Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh

    Kalo kalian udah olahraga rutin, tubuh kalian secara otomatis bakal mulai memanfaatkan zat dalam tubuh yang bernama glucose. Glucose adalah kadar gula dalam tubuh seseorang yang terkadang bisa menimbulkan penyakit gula seperti diabetes kalo gak rutin menjaga kesehatan tubuh.

    Kadar gula dalam tubuh seseorang yang suka olahraga bisa lebih dikontrol dibandingkan orang yang gak suka olahraga. Orang yang jarang olahraga kadang bisa mengalami tingkatan kadar gula yang mudah berubah-ubah terutama kalo habis makan yang manis-manis.

    BACA JUGA:  Luar Biasa, 5 Manfaat Jalan Pagi untuk Awali Hari yang Segar

    5. Membantu Penurunan Berat Badan

    Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh

    Cardio bisa jadi salah satu tipe olahraga yang sangat intens dengan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Orang-orang yang punya body fat cukup banyak sangat disarankan untuk melakukan olahraga seperti cardio.

    Masa lemak dalam tubuh yang menumpuk akan lebih cepat dibakar kalo tubuh kita banyak gerak karena lemak pada dasarnya merupakan cadangan tenaga dalam tubuh. Semakin banyak kita bergerak, maka cadangan energi di tubuh akan semakin banyak terpakai dan hasilnya kalian bakal turun berat badan dan keliatan lebih fit.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Must Read

    5 Manfaat Penting Cardio Bagi Kesehatan Tubuh